Rabu, 25 Maret 2009

Mengumbar Wajah Dalam Politik


[ 13 ]
Politik ’Jual’ Muka?

WAN Aziz bingung menyaksikan banyak wajah para caleg yang bertebaran di sepanjang jalan, gang dan lorong. Ndak laki, ndak perempuan, sama saja. Semua ingin menonjolkan dirinya masing-masing. Ada yang sendirian dan ada juga yang berbarengan.
“Edan tenan pemilu zaman saiki. Kabeh caleg do kepingin ngetop. Asline iki kampanye opo arep ‘jual’ muka? Mosok wajah sing kepingin dadi caleg kok dipampang gede-gede. Sak arat-arat jumlah-e,” komentar wan Aziz dengan nada rada sinis.
”Lho ... kok muring-muring, ono opo wan Aziz? Opo sampeyan keabotan nek para caleg niku do nampang teng prapatan?” tanya wan Ali.
“Bukan begitu, wan Ali,” jawab wan Aziz. “Saya itu hanya menyoal tentang maksud mereka ‘menjual’ mukanya itu lho. Kalau memang mereka pingin kampanye, mbok yao, sing genah ngono lho. Dengan ‘menjual’ muka seperti itu, jan-jane apane to sing arep dewek e kampanyekan iku?”
”Ya tentu mukane to, wan Aziz. Lha opo maneh?” wan Juned ikut nimbrung.
”Aku ngerti, wan Juned. Ning bukan iku sing tak karepke,” sahut wan Aziz.
“Lha … opo?”
“Ya … kudune, sing didol iku program kerjane. Dudu rai-ne. Coba sampeyan amati, opo ono caleg-caleg sing nampang iku dodol program kerjane? Lha ora ono to? Kabeh dodol rail an jeneng. Opo ya pantes?” ujar wan Aziz dengan nada sedikit tinggi.
“Wah … ya jangan begitu, wan Aziz. Sampeyan boleh tidak setuju. Tapi, jangan sampai nesu. Nek sampeyan nesu, isu mara-i tekor lho?” sahut wan Ali.
”Maksudnya pripun, wan Ali?” selidik wan Aziz.
”Ya, nek sampeyan nesu, iku berarti sampeyan bakal kesel dewe. Nek wis kesel, biasane iso mara-i pegel lan sumpek. Akhir-e, malah dadi gampang su’udzan. Wah iso mara-i kesikso lho urip koyo ngono kuwi,” kata wan Ali.
“Terus, pripun sae-ne, wan Ali?” tanya wan Aziz.
”Ya nek cara kulo, mending milih ndungoake sing sae kagem sedaya caleg niku. Mbok menawa, lewat dodol rai lan jeneng iku, iso datangke keselametan tiyang katah,” tandas wan Ali sambil pamit pulang ke rumahnya. (Firman)

[ 14 ]
Menuju Politik Bersih

GARA-gara terpengaruh rumor yang sedang beredar, wan Thalib, salah satu caleg dari partai angin ribut, jadi seperti orang sedang kebakaran jenggotnya. Pasalnya, dia bingung dan tak mengira bakal bersaing dengan wan Ismail, caleg dari partai meteor, dalam satu wilayah pemilihan.
“Wis … bisa-bisa saya gagal jadi caleg dalam pemilu kali ini,” ujar wan Thalib pada istrinya, cik Nissa.
“Lho … memangnya ada apa, Bang? Dari nadanya, sepertinya Abang sedang kehilangan semangat dan keberanian untuk maju jadi caleg,” cik Nissa berusaha menganalisis kondisi psikologis suaminya, wan Thalib.
“Saya juga tidak tahu, mengapa tiba-tiba saya tidak berselera untuk jadi caleg,” jawab wan Thalib, berusaha menyembunyikan perasaan cemasnya.
“Apa ada hubungannya dengan masalah wan Mail yang kebetulan daerah pemilihannya sama dengan Abang?” selidik cik Nissa.
Mendengar pertanyaan tersebut, wan Thalib sempat kaget. Dia tidak mengira istrinya bisa punya feeling politik yang cukup tajam. Buktinya, istrinya bisa menangkap kegelisahan hatinya dalam menghadapi wan Mail. Sebab, wan Mail, teman dekat suaminya itu, dari dulu hingga sekarang terkenal suka berlaku curang.
“Sudahlah Bang, ndak usah dipikir serius. Kalau memang ada jatah bagi Abang untuk jadi wakil rakyat dalam pemilu kali ini, Tuhan pasti akan memberi jalan. Kalau ndak ada, ya ndak apa-apa. Yang penting, Abang jangan berburuk sangka dulu. Yang namanya jatah itu, tak akan lari dan tak ada satu pun makhluk yang dapat menghilangkannya,” saran cik Nissa.
Dalam hati, wan Thalib tersenyum. Sepertinya, ia sepakat dengan saran yang baru saja disampaikan oleh istrinya. ”Benar saran Dinda itu. Abang tidak perlu khawatir. Sebab, semua sudah diatur oleh Yang Maha Mengatur. Jadi, enjoy aja ya Dinda?” komentar wan Thalib.
“Ya, Abang tidak usah cemas. Kalau memang wan Mail ingin menempuh jalan politik kotor, ya biarkan saja. Yang penting Abang tidak melakukannya. Abang harus tetap belajar istiqamah. Berpolitik secara sehat dan bersih. Dan jangan lupa mendoakan keselamatan untuk orang lain. Mudah-mudahan, Tuhan menyelamatkan jalan hidup kita,” tandas cik Nissa. (Firman)

[ 15 ]
Ketik Reg Spasi, Kirim ke ....

MIRIP sebuah iklan yang sedang marak ditayangkan di televisi, gambar wan Ismail terpampang besar sekali di perempatan jalan utama kampung. Di bagian atas dari spanduk itu tertulis: ”Mohon doa restu dan dukungannya. Wan Ismail, calon DPRD Tingkat I, Dapil 5 nomor urut 1. Jangan lupa lho, dicontreng yo?”
Lewat spanduk besar itu, wan Mail, begitu dia biasa dipanggil, juga meminta konstituennya untuk mendaftarkan dukungannya dengan cara mengirim sms (short message service) ke nomor handphone yang selalu on time di markasnya. “Ketik Reg Spasi, kirim ke nomor …., dukungan Anda, akan kami perhatikan,” begitu isi iklannya.
”Wah ... nek ngono carane, berarti wan Mail bakal main money politic. Ndak bener nek ngono carane,” komentar wan Juned ketika bertemu wan Thalib dan wan Ali di padepokan hikmah wan Ali.
“Waduh ... serius temen tuduhan sampeyan niku, wan Juned. Wis nduwe bukti po? Gek-gek mung jarene. Ojo waton ngomong lho. Mengko dadi dowo urusanne,” sergah wan Ali.
“Lho … saya ndak ngomong sembarangan, wan Ali. Saya punya bukti kalau wan Mail berencana mau main money politic,” wan Juned membela diri.
“Mana buktine? Nek sampeyan pancen nduwe bukti, ayo saiki tak kancani nemoni panitia pemilu. Dilaporne mawon, ben jelas duduk perkarane. Ning, nek ora nduwe alat bukti yang akurat, ojo pisan-pisan niat arep nyebar fitnah. Iki perkara serius. Sebab, menyangkut nama baik orang lain,” nasihat wan Ali.
”Lha ... isi iklane wan Mail iku kan mpun cukup to wan Ali kagem bukti untuk menunjukkan bahwa wan Mail jan-jane wis ancang-ancang arep tuku swara,” kilah wan Thalib.
”Wah ... ya jangan begitu, wan Thalib. Kalau yang dijadikan sebagai dalilnya adalah soal Reg Spasi, itu sama saja kita telah menuduh wan Mail telah berlaku curang. Padahal, tulisan iklan seperti itu, belum bisa dijadikan sebagai alat bukti. Kecuali jelas-jelas wan Mail sedang bagi-bagi uang ke konstituennya dengan maksud untuk beli suaranya,” tandas wan Ali.
Mendengar keterangan wan Ali itu, sontak membuat wan Juned dan wan Thalib jadi ndak enak hati. Mukanya mendadak berubah jadi pucat pasi. Tak lama setelah itu, mereka pun pamit pulang. (Firman)

[ 16 ]
Siap Untuk Kalah

SUHU politik makin memanas. Apalagi pemilu tinggal beberapa hari lagi. Karena itulah, hampir setiap hari, selalu saja ada pembahasan tentang babagan politik muncul di padepokan hikmah milik wan Ali.
Mulai dari bejibunnya nama para caleg sampai soal nama parpol yang tak mudah untuk diingat. Termasuk tentang masalah teknis pemilihan yang dianggap bakal menjadi batu sandungan bagi para caleg dan konstituennya.
”Pemilu kali ini, betul-betul bikin pusing banyak orang. Terutama bagi para caleg dan konstituennya,” ungkap wan Thalib, caleg dari partai berlambang angin ribut nomor urut 3.
“Ya, betul wan Thalib. Terus terang, saya itu, kasihan dengan para pemilih yang tidak bisa membaca kertas suara. Bisa-bisa, suaranya nanti jadi rusak atau lari ke tempat yang salah,” sahut wan Juned sambil mengepulkan asap rokoknya.
“Bagaimana menurut sampeyan, wan Ali?” tanya wan Aziz dengan nada sedikit menyelidik.
”Kalau saya sih, selaku pemilih, ya enjoy aja. Ngapain saya pusing-pusing mikirin masalah tersebut. Wong tinggal nyontreng aja kok repot,” jawab wan Ali seraya menyuguhkan secangkir teh hangat ke para tamunya.
“Kalau pun ada yang saya khawatirkan saat ini adalah,” lanjut wan Ali, ”soal kesiapan para caleg dalam menerima kekalahannya. Hanya itu. Tapi, setelah saya renungkan lagi, saya jadi tertawa sendiri. Ngapain saya cemas, wong semua itu sudah ada yang ngurus.”
”Karena itu,” imbuh dia, ”saya hanya bisa mengingatkan sampeyan, sebagai pelaku politik, tolong siapkanlah diri sampeyan agar tidak kecewa. Apalagi jika ternyata, suara yang bakal sampeyan peroleh itu nanti tidak memadahi. Kalau sampeyan tidak mempersiapkannya dari sekarang, bisa-bisa sampeyan nanti jadi gampang su’uzhann pada Gusti Allah.”
”Boleh-boleh saja punya cita-cita, tapi kalau bisa, jangan memaksa Allah. Jalani saja apa adanya. Ndak usah ngayawara. Kalau memang tidak terpilih, ya sudah. Disyukuri saja. Jangan kecewa. Yakinlah, yang demikian itu adalah ’hadiah’ terbaik dari Gusti Allah untuk sampeyan,” tandas wan Ali. (Firman)

Tidak ada komentar: